Ismul A’zhom atau Ismullahil A’zhom, yaitu Nama Allah Yang Paling Agung  yang ada di dalam Al Qur’an dan jika digunakan untuk berdoa maka doa  orang tersebut akan dimustajabkan oleh Allah Swt. dengan segera.  Penggunaan Ismullahil A’zhom dalam berdoa adalah merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan telahpun diamalkan oleh orang-orang shalih dan para wali Allah sejak zaman dahulu kala sebelum masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sampai ke zaman kita ini.
 Mengenai apa-apa saja Ismul A’zhom itu para sahabat nabi dan ahli hadis memilki beberapa pendapat, yang mana satu dengan lainnya saling melengkapi.
Dasar-dasar dalil yang dapat dipetik adalah sebagai berikut:
 Dari Abu Umamah Ra. yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dikatakan: “Ismullahil  A’zhom, yaitu Nama Allah Yang Paling Agung yang apabila dibaca di dalam  doa pasti akan dimustajabkan, terdapat dalam tiga tempat pada kitab  suci Al Qur’anul Karim yaitu; Surat Al Baqarah, Surat Ali Imran dan  Surat Thaha.” (HR. Ibnu Mardawih).
 Ibnu Amr Hisyam, Khatib Kota Damaskus, mengatakan bahwa Ismul A’zhom yang ada pada surat Al Baqarah adalah: “Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya…..” (QS. Al Baqarah: 255).
 Sedangkan Ismul A’zhom yang berada pada surat Ali Imran adalah: “Alif… Lam…. Mim…. Allah, tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.”  (QS. Ali Imran; 1-2)
Adapun Ismul A’zhom yang berada pada surat Thaha adalah: “Dan tunduklah semua wajah kepada Tuhan yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus makhluk-Nya.” (QS. Thaha: 111).
 Asma’ Allah Ya Hayyu Ya Qayyum masyhur dikenal sebagai Ismullahil A’zhom
 Dalam tafsir Qurthubi ketika mentafsirkan Ayat Kursi, beliau menjelaskan bahwa Al Hayyu adalah Ismullahil A’zhom. Diriwayatkan  bahwa Nabi Isa bin Maryam apabila ingin menghidupkan orang mati, maka  beliau berdoa dengan menyebutkan nama ini dalam doanya: “Ya Hayyu Ya Qayyum”
 Demikian juga dengan Ashif bin Burkhiya ketika beliau hendak mendatangkan singgasana Ratu Balqis ke hadapan Nabi Sulaiman As. beliau berdoa dengan menyebutkan: “Ya Hayyu Ya Qayyum.”
 Juga Nabi Musa As. ketika ditanya oleh bani Israil tentang perkara Ismullahil A’zhom maka beliau berkata kepada mereka: “Aya Hayya Syaraahiya” (lafaz bahasa Ibrani) artinya dalam bahasa Arab adalah “Ya Hayyu Ya Qayyum” (lihat kitab Al Jami'u li Ahkami al Qur’ani, Imam Qurthubi jilid III halaman 259-260)
 Dalam hadis yang lain dari Asma binti Yazid Ibnu as Sakan menceritakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda sehubungan dengan dua ayat berikut ini yaitu: “Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya…..” (QS. Al Baqarah: 255) dan “Alif… Lam…. Mim…. Allah, tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.”  (QS. Ali Imran; 1-2) Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda: ”Sesungguhnya di dalam kedua ayat di atas terdapat Ismullahil A’zhom, yaitu Asma Allah yang paling Agung”  (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud melalui jalur Musaddad, Imam Turmidzi  melalui Ali Ibnu Kasrom dan Ibnu Majah melalui Abu Bakar Ibnu Abu  Shaibah, Hasan Shahih).
Syaikh  Ibnu Katsir dalam Tafsirnya mengemukakan sebuah hadis yang lain; dari  Abdullah bin Abbas Radhiyallahu anhuma telah bersabda Rasulullah  Shallallahu Alaihi Wasalam: "Nama  Allah Yang Paling Agung, yaitu Ismullahil A’zhom, yang mana bila  diucapkan dalam doa, niscaya dimustajabkan, doa itu berada dalam ayat  ini bagian dari surat Ali Imran (pada ayat 26),  Allah berfirman: “ Katakanlah: "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan,  Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau  cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang  yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di  tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas  segala sesuatu.” (HR. Imam Thabrani, di dalamnya terdapat Jasar bin Farqad al Qishabi, Imam Bukhari menganggapnya tidak ada apa-apanya). Lihat Kitab Tafsir Ibnu Katsir Jilid II halaman 32. 
Ternyata ulama-ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah di Indonesia telah terbiasa selama ratusan tahun mewiridkan ayat-ayat Ismullahil A’zhom  setelah selesai shalat fardhu lima waktu, khususnya sholat Magrib dan  shalat Shubuh, sebelum mengumandangkan doa. Banyak orang yang terburu  nafsu menuduh amalan mereka sebagai amalan bid’ah yang terlarang, hanya  karena baru membaca satu-dua buku hasil tulisan Orang Timur Tengah yang anti dzikir dan anti doa.  Padahal amalan para ulama tersebut justru sesuai dengan hadis-hadis  Rasulullah dan dikutip dari kitab-kitab Ulama Besar yang sudah teruji  pula kehebatannya. Sudah semestinyalah kita berhati-hati terhadap  orang-orang yang baru belajar agama, tapi sangat berani menghina Ulama-ulama Besar terdahulu. Semoga keterangan ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita umat akhir zaman ini. 
 Para Ulama Ahli Sunnah Wal Jama'ah selalu menganjurkan murid-muridnya untuk senantiasa mendzikirkan lafazh Ismul A'zhom ini sehari-hari, agar menjadi tajam dan mantap jika digunakan. Jadi tidak sekonyong-konyong dipakai kapan perlu saja.
 Demikianlah keterangan tentang Ismullahil A’zhom yaitu  Asma Allah yang paling Agung yang mana jika seseorang berdoa dengan  mempergunakannya maka doanya pasti dimustajabkan Allah dalam waktu  singkat. Tentu saja orang yang berdoa mestilah yakin, sungguh-sungguh  serta berusaha menshalihkan dirinya terlebih dahulu. Bagaimana pun Allah  pasti juga memperhatikan siapa orang yang mengeluarkan doa itu. Jika si  pendoa adalah orang yang dzalim, atau orang yang suka memakan benda  haram, atau orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, dan istri yang  durhaka kepada suaminya, di dalam banyak hadis doa dari orang-orang  seperti ini akan ditolak oleh Allah Swt.
 Wallahu a’lam Bishshawab.
 
 
 
 

 Thursday, August 04, 2011
Thursday, August 04, 2011
 kapak laut
kapak laut
 Posted in
 Posted in  


No Response to "Ismul A'zhom"